Yang Pernah Menyambangi Sumatera Pasti Pernah Dengar 11 Frasa Ini

Indonesia Travel Landmarks. Vector and Illustration
Warning: mysqli_query(): (HY000/1194): Table 'wpmd_page_visit' is marked as crashed and should be repaired in /home/desacorbek/public_html/agen33.com/wp-includes/wp-db.php on line 1938

DEWIBET – Pasti akan dirasa oleh kebanyakan orang kali pertama mengunjungi suatu tempat. Apa lagi bagi yang merantau, Pasti punya kesan tersendiri tentang kota yang ditinggali sementara itu. Mulai dari rasa makanan, Keramahan Penduduk, Hingga tempat wisatanya yang tak kalah indah.

Kamu yang pernah menjajal hidup di salah satu pulau yang punya banyak bukit berbaris yang sangat panjang, yaitu Sumatera. Rasa rindu pada beberapa tempat di Sumatera ini akan otomatis kamu rasakan.

1. Medan dan Batak memang nggak bisa jauh-jauh dari ‘Horas’-nya. Lantang bikin harimu makin tertantang!

horas

Dengar kata ‘Horas’ langsung dari orang suku Bataknya, wah kamu pasti akan merasa senang. Sapaan khas ini memang melekat erat saat kita mampir ke Kota Medan. Kata ini nggak punya arti khusus. Untuk menyapa dan menularkan semangat bisa kamu lakukan. Apalagi dengan suara yang lantang, wah bikin harimu makin menantang dan siap untuk dilibas!

2. Tak hanya Batak, suku Karo juga punya ‘Mejuah-juah’ sebagai sapaan hangat mereka. Jadinya, malah nggak ingin jauh-jauh.

mejuah-juah

Berbeda dengan Horas, “Mejuah-juah’ dari bahasa suku Karo punya arti yang bisa menyebarkan semangat positif untukmu tiap harinya. Selain sebagai kata pengganti ‘hai’ dan ‘selamat tinggal’, arti lainnya yang menyimpan doa adalah mujur, sejahtera, sehat, dan lengkap. Wah, mau bilang kata-kata ini tiap hari ah!

3. Minang dan peribahasa terkenalnya ‘Dima bumi dipijak, disinan langik dijunjuang’ bisa kamu jadikan pegangan untuk hidup di mana saja.

dima-bumi-dipijak-disinan-langik-dijunjuang

Kalimat dalam tanda petik di atas memang dijadikan peribahasa yang cukup mudah diingat. Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Adalah untuk tetap menghormati segala adat-istiadat di tempat yang kamu tinggali. Familiar banget sama aktivitas merantau, bukan? Pepatah yang ngingetin tentang Sumatera banget.

4. Seruan ‘Onde mande’ sudah jadi khas ungkapan orang Sumatera Barat. Melekat erat.

onde-mande

Saat orang berseru “Ya ampun!”, orang Sumatera Barat punya kata-katanya sendiri. Yaitu “onde mande”. Dua kata ini punya arti jadi “Ya ampun, Ibu!”. Karena mande sendiri artinya Ibu. Seruan ini bisa punya arti positif dan negatif juga.

5. Orang Medan juga punya sinonim dari kata pelit. ‘Celit kali kau!’ ini pasti familiar kamu dengar.

celit-kali-kau

Sinonim dari pelit di Bahasa Indonesia adalah kikir. Orang Medan punya sebutan lain yang lebih mudah dan enak didengar, yaitu celit. Coba bilang ke teman kau yang celit.

6. Kalau bensin habis, mampir ke ‘galon’ dulu. Iya, artinya galon adalah pom bensin.

spbu-pertamina

Jangan bingung, orang Medan emang punya istilah sendiri buat menyebut pom bensin yaitu galon. Bukan galon buat tempat isi ulang air mineral lho.

7. Saat orang-orang nyebut lima puluh ribu dengan gocap, orang Medan mah bilang‘limpul’. Lebih simpel.

33uang-lima-puluh-ribu

8. Dengan logat khas Bangka, kamu akan rindu dengar saat mereka tanya ‘Cemana pacak dak?’

hipwee-8-2-750x375

Saat kamu tanya kepada orang lain tentang tidak-bisa-nya dengan pertanyaan.

‘Gimana, bisa nggak?’

Orang Bangka punya bahasa dan logat yang khas yang bikin kamu sulit lupa.

‘Cemana pacak dak?’

9. Hal lain yang gampang dari Jambi yang jadi bagian dari Sumatera adalah plat kendaraannya BH.

platnomor-unik

Jangan mikir yang gimana-gimana. Plat kendaraan yang ada di Jambi memang begitu mudah diingat.

10. Ternyata, panggilan opa untuk kakek asalnya dari Riau. Sekilas informasi aja biar kamu tahu.

5673fb0f24a9d52c738b4567

Apa kamu tahu, panggilan opa yang ditujukan kepada kakek atau orang laki-laki yang jauh lebih tua dari kita itu berasal dari Riau. Buat kamu yang belum tahu, sekarang jadi paham kan asal bahasanya.

11. Kata ‘kitorang’ pasti sudah sering didengar. Artinya kami atau kita nih, udah pernah coba pakai kata ini belum?

hipwee-11

Sebenarnya, kata kitorang yang punya arti kami dan kita ini nggak tahu berasal dari mana. Sebagian orang Sumatera pasti sudah sering memakai kata ini. Wah, dari kosa kata dan frasanya saja udah banyak banget. Sudah bikin susah lupa sama Sumatera. Terlebih lagi kalau kamu bersedia untuk jadi bagian di event maraton ultra yang paling dinanti tahun 2016 ini.

cewek-bugil-hotPoker-GifBANNER

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *